Sabtu, 01 Desember 2018

Sudah Tahu Belum Apa Itu Kipas Angin AC? Mari Cari Tahu Di Sini


Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat muncul beberapa produk-produk terbaru yang inovatif. Salah satu produk terbaru nan inovatif yang muncul akibat perkembangan teknologi adalah kipas angin AC atau ada yang menyebut air cooler. Kipas angin AC sendiri adalah produk pendingin ruangan yang mampu mendinginkan udara dengan cara meningkatkan kelembabannya. Jika dibandingkan dengan produk lama sejenis seperti kipas angin dan Air Conditioner (AC), maka kipas angin AC ini terbilang baru. Karena terbilang cukup baru, banyak orang yang belum mengerti produk kipas angin AC ini. Apakah Anda juga salah satu orang yang belum paham apa itu kipas angin AC? Bila memang iya, maka penjelasan berikut ini harus Anda baca dengan seksama.

Kipas angin AC atau air cooler merupakan produk pendingin ruangan terbaru yang memiliki cara kerja untuk meningkatkan kelembaban udara. Untuk meningkatkan kelembaban udara ini, kipas angin AC memanfaatkan es atau air dingin yang ada pada tangki. Jadi es atau air dingin dari tangki ini nantinya akan diubah menjadi uap air setelah diproses secara kondensasi. Proses kondensasi yang menghasilkan uap udara dingin inilah yang kemudian menjadikan udara di sekitar ruangan menjadi lebih dingin. 

Namun karena udara yang dihasilkan kipas angin AC ini bersifat basah dan lembab, maka penggunaan produk ini harus dicermati. Sebab, bila kipas angin AC ini dinyalakan sembarang di tempat tidak semestinya, maka hal ini akan memacu munculnya beberapa tanda penyakit seperti jamur, bakteri, virus dan juga parasit. Kelembaban memang merupakan hal yang disukai oleh bakteri, jamur dan virus untuk berkembang biak. Maka dari itu Anda yang tidak ingin hal merugikan kesehatan ini muncul, pastikan Anda menyalakan kipas angin AC ini di tempat yang benar. Jadi tempat yang benar untuk menyalakan kipas angin AC ini adalah di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi udara yang baik maka udara yang dihembuskan kipas angin AC ini memang tidak menjadi lembab. Dari sinilah maka munculnya jamur, bakteri dan virus akibat penggunaan kipas angin AC di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk akan bisa dihindari.
Dibalik kemungkinan munculnya bakteri, jamur dan virus karena kelembaban yang dihadirkan, kipas angin AC tentu punya segudang kelebihan. Sebagai produk pendingin ruangan, kipas angin AC memang memiliki beberapa hal yang menarik untuk dimiliki. Hal menarik pertama adalah soal pemakaian daya listrik. Dibanding dengan perangkat pendingin ruangan seperti air conditioner, kipas angin AC memang terbilang hemat listrik. Ini karena kipas angin AC hanya membutuhkan daya listrik sebesar antara 80 hingga 110 watt. Tapi bila melihat air conditioner, maka kebutuhan daya listrik yang dimiliki akan bisa meningkat berkali-kali lipat hingga mencapai 300 watt. Tentu ketika kebutuhan listrik dari sebuah perangkat lebih hemat maka beban biaya hidup juga tidak jadi memberatkan.

Kelebihan lain dari perangkat atau produk kipas angin AC ini adalah sifatnya yang portabel sehingga mudah untuk dipindah ke mana-mana. Dengan kemudahan ini tentu Anda bisa menggunakan kipas angin AC ini di mana saja yang Anda sukai. Tapi kembali pada catata sebelumnya, usahakan untuk tidak menyalakan kipas angin AC ini di ruang tertutup tanpa sirkulasi udara. Bukannya produk pendingin ruangan lain juga ada yang bisa dipindah-pindahkan? Memang, tapi untuk produk yang memiliki kemampuan mendingin udara lebih cepat maka kipas angin AC adalah perangkat portabel yang paling baik. Sebab, jika menilik pada perangkat air conditioner, maka meski mumpuni untuk mendinginkan udara dengan cepat, namun produk ini tidak bersifat portabel sehingga sulit untuk dipindah ke mana-mana.

Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan, kipas angin AC juga punya kelebihan pada kemudahannya untuk dirawat. Dibanding produk air conditioner, kipas angin AC memang lebih mudah untuk dirawat. Ini karena tanpa orang lain atau ahli service, kipas angin AC dapat Anda bersihkan sendiri. Ketika kipas angin AC dapat dirawat sendiri dengan mudah, hal ini membuat Anda tak perlu mengeluarkan dana untuk biaya service. Terakhir, kelebihan lain dari kipas angin AC adalah harganya yang lebih terjangkau, terutama bila dibandingkan dengan produk pendingin ruangan air conditioner.


0 komentar:

Posting Komentar